Thu. May 23rd, 2024

Mendengar bunyi berisik dari nyamuk dengan sengatan yang sangat menyebalkan tentunya bisa membuat tubuh terasa gatal. Terdapat cara yang bisa digunakan dengan menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk di rumah dengan sangat mudah.

Terlebih jika sengatan nyamuk tersebut bisa menimbulkan penyakit yang cukup berbahaya seperti malaria dan demam berdarah tentunya tidak ada salahnya jika menerapkan langkah cara untuk mengusirnya. Mengusir nyamuk dengan cara alami bisa menjadi pilihan yang sangat tepat supaya tidak menimbulkan bahaya di dalam rumah.

Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah Secara Alami

  1. Ampas Kopi

Ampas kopi menjadi salah satu bahan yang sangat ampuh untuk mengusir hama serangga di dalam rumah seperti halnya. Hal ini dikarenakan, ampas kopi memiliki aroma bau yang cukup menyengat dan tidak disukai oleh serangga.

Cara ini juga bisa dilakukan supaya adanya ampas kopi di rumah tidak akan terbuang dengan percuma karena cukup membakar ampas kopi serta menebarkan di sekeliling ruangan rumah. Emisi karbon dioksida dari ampas kopi tersebut bisa memblokir serta nyamuk merasa bingung saat melacak manusia.

  1. Gunakan Serai

Serai menjadi bahan dapur yang biasanya digunakan untuk memasak dan sebagai bahan yang sangat aman dalam membasmi nyamuk di rumah. Serai ini memiliki aroma yang sangat pekat dan ditakuti oleh nyamuk meskipun memiliki banyak manfaat untuk digunakan manusia.

Seperti halnya bisa memancarkan aroma yang cukup segar yang membuat pikiran terasa lebih tenang saat stres sedang melanda. Cara untuk menggunakannya sangat mudah cukup mematahkan batang serai yang disediakan dan letakkan saja di lokasi yang terdapat banyak nyamuk.

Apabila ingin penerapan yang lebih praktis tentunya bisa menggunakan produk dengan minyak yang memiliki kandungan selain untuk dioleskan di tubuh. Sehingga akan terhindar dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur di malam hari.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan yang sangat efektif dengan aromanya yang cukup menyengat dan tidak terlalu disukai oleh nyamuk. Cara alami mengusir nyamuk di rumah dengan menggunakan bawang putih ini cukup meletakkan beberapa siung saja di bagian sudut rumah supaya bisa membuat nyamuk pergi.

jika memiliki anak-anak di rumah ataupun hewan peliharaan bisa dengan mencoba rebus bawang putih sampai mendidih. Lalu, tuangkan hasil air rebusan tersebut pada botol spray dan semprotkan di beberapa area yang digunakan untuk berkumpul nyamuk.

  1. Menanam Tanaman Hias Lavender

Lavender ini tidak hanya memiliki tampilan yang sangat cantik namun hadirnya tanaman hias ini juga bisa digunakan sebagai tanaman untuk mengusir nyamuk. Pilihan tanaman cantik dengan warna ungu juga memiliki aroma yang cukup menyengat.

Sehingga tidak heran jika nyamuk tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh tanaman hias lavender. Cara untuk menempatkannya cukup dengan meletakkan tanaman lavender pada beberapa pot dan rumah akan terlihat lebih cantik serta terbebas dari datangnya nyamuk.

  1. Memanfaatkan Minyak Kayu Manis

Kandungan yang dihasilkan dari minyak kayu manis ini sangat ampuh dalam membasmi nyamuk dengan ukurannya yang besar hingga telur-telurnya. Penggunaan minyak kayu manis ini bisa dibuat dengan dicampurkan pada 120 ml air serta 30 tetes atau satu sendok teh minyak kayu manis pada botol spray.

Setelah itu, semprotkan campuran cairan tersebut di area sekitar rumah yang memang sering dijadikan sebagai sarang nyamuk. Selain itu, anggota keluarga di rumah juga bisa mengoleskan minyak kayu manis tersebut pada kulit, namun harus memastikan sudah uji tes alergi dengan cara letakkan satu titik minyak tersebut di bagian area pergelangan tangan.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan dalam mengusir nyamuk di rumah secara alami. Penggunaan bahan alami menjadi cara yang sangat tepat supaya tidak menimbulkan bahaya untuk keluarga di rumah.

 

By Adinata