Thu. May 23rd, 2024

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang paling ditonjolkan di setiap hunian. Ruang tamu memiliki fungsi sebagai tempat menerima para tamu yang datang berkunjung. Ruang tamu harus didesain senyaman mungkin untuk membuat para tamu lebih betah. Bagi anda yang memiliki desain rumah minimalis, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat ruangan kecil terasa lebih luas.

Cara Mudah Mendekorasi Ruangan Kecil Menjadi Luas

Memiliki rumah dengan desain minimalis memang harus lebih pandai dalam menata ruangan. Pemilihan furniture juga harus diperhatikan karena mampu membuat ruangan menjadi lebih sempit. Walaupun rumah didesain minimalis, anda tetap bisa membuat ruangan kecil terasa luas. Ada cara dekorasi ruang tamu yang kecil menjadi lebih luas yang bisa anda pakai.

Salah satu ruangan yang paling penting di dalam hunian adalah ruang tamu. Sebuah hunian bisa dikatakan nyaman dari bagian ruang tamunya. Pasalanya ruang tamu terkadang dijadikan sebagai tempat berkumpulnya keluarga sehingga memang harus dibuat senyaman mungkin. Mendesain ruang tamu tidak boleh sembarangan. Pemilik rumah harus bisa menciptakan ruang tamu yang nyaman untuk tamu dan keluarga.

Cara Ini Membuat Ruang Tamu Kecil Terasa Luas

Tidak perlu merasa pusing melihat ruang tamu dengan ukuran kecil. Ada jasa desain rumahย murahย yang bisa dimanfaatkan. Paling penting yang harus anda perhatikan untuk membuat ruangan terkesan lebih luas adalah bagian penataan ruangan dan pemilihan furniture ruangan. Ruang tamu dengan ukuran minimalis bisa dibuat lebih luas menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  1. Penggunaan Perabotan Multifungsi

Ruangan kecil akan terlihat luas dengan memanfaatkan perabotan multifungsi. Seperti contohnya sofa yang bisa digunakan sebagai tempat duduk dan kasur. Ada banyak perabotan multifungsi yang bisa digunakan untuk membuat ruangan lebih luas.

  1. Pemilihan Cat Warna Cerah

Pemilihan warna cat untuk ruangan tidak boleh sembarangan. Ada beberapa warna cat yang membuat ruangan terkesan lebih sempit. Bagi anda yang memiliki ruangan sempit harus memperhatikan hal ini. Ruangan sempit akan terlihat lebih luas dengan menggunakan cat berwarna cerah. Contoh warna cat cerah yang bisa anda gunakan adalah warna putih, krem muda dan biru.

  1. Manfaatkan Cermin

Tahukah anda fungsi dari cermin besar yang ada di sebuah ruangan? Fungsinya membuat ruangan terasa lebih luas. Ilusi optik yang dihasilkan cermin mampu membuat ruangan sempit menjadi luas. Selain membuat ruangan lebih luas, cermin mampu membuat ruangan terasa lebih elegan dan menawan.

  1. Pilih Perabotan Berwarna Netral

Selain memperhatikan cat dinding ruangan, pemilihan warna perabotan juga penting. Pilihlah perabotan rumah dengan warna yang netral. Warna netral mampu membuat ruangan lebih luas. Warna cerah natural membuat suasana lebih rileks sehingga nyaman untuk ditempati.

  1. Manfaatkan Cahaya Alami

Cahaya alami dari jendela mampu membuat ruangan terkesan lebih luas. Jendela dengan ukuran yang besar juga mampu membuat sirkulasi udara menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk ditempati para tamu dan keluarga.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat ruangan sempit menjadi luas. Sebagai sentuhan terakhirnya anda bisa memajang beberapa lukisan untuk membuat ruangan lebih estetik. Selain itu anda bisa menambahkan hiasan seperti tumbuhan hidup agar ruangan lebih segar dan nyaman. Beberapa tips tersebut akan memudahkan anda dalam menciptakan ruang tamu terkesan lebih luas dan nyaman untuk ditempati.

 

By Adinata