Sat. Jun 15th, 2024

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Namun, meskipun begitu banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini, ada beberapa fitur yang dapat mengganggu privasi pengguna, seperti fitur Last Seen.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat kapan terakhir kali pengguna lain terakhir kali online. Untungnya, dengan WhatsApp Plus, pengguna dapat menonaktifkan fitur Last Seen dan meningkatkan privasi mereka.

Cara Mematikan Fitur Last Seen

Berikut adalah trik untuk menonaktifkan fitur Last Seen di WhatsApp Plus.

Instal WhatsApp Plus

Pertama-tama, pengguna harus menginstal WhatsApp Plus pada perangkat mereka. WhatsApp Plus adalah modifikasi dari aplikasi WhatsApp resmi yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan banyak aspek aplikasi, termasuk tampilan dan privasi.

Namun, karena WhatsApp Plus tidak tersedia di Google Play Store, pengguna harus mengunduhnya dari situs web pihak ketiga. Setelah diunduh, pengguna harus mengizinkan instalasi dari sumber yang tidak diketahui pada perangkat mereka dan menginstal aplikasi.

Masuk ke WhatsApp Plus

Setelah menginstal WhatsApp Plus, pengguna harus membuka aplikasi dan masuk menggunakan nomor telepon mereka. Proses masuk akan sama seperti saat menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Setelah masuk, pengguna akan melihat tampilan WhatsApp Plus yang baru.

Buka Pengaturan

Setelah masuk ke aplikasi, pengguna harus membuka pengaturan dengan menekan tombol titik tiga di sudut kanan atas layar dan memilih opsi “Pengaturan”.

Pilih Privasi

Setelah membuka pengaturan, pengguna harus memilih opsi “Privasi”. Di sini, pengguna akan menemukan banyak opsi yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan privasi mereka di WhatsApp Plus.

Nonaktifkan Fitur Last Seen

Setelah memilih opsi “Privasi”, pengguna harus mencari opsi “Last Seen” dan memilihnya. Di sini, pengguna akan menemukan beberapa opsi, termasuk “Semua orang”, “Kontak saya”, dan “Tidak ada”. Untuk menonaktifkan fitur Last Seen sepenuhnya, pengguna harus memilih opsi “Tidak ada”.

Simpan Pengaturan

Setelah memilih opsi “Tidak ada”, pengguna harus menekan tombol “Simpan” di bagian bawah layar. Dengan melakukan ini, pengguna akan menyimpan pengaturan baru mereka dan fitur Last Seen akan dinonaktifkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna WhatsApp Plus dapat menonaktifkan fitur Last Seen dan meningkatkan privasi mereka di aplikasi.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun fitur ini dinonaktifkan, pengguna masih dapat melihat kapan terakhir kali pengguna lain terakhir kali online dengan memeriksa status “Online” di profil pengguna lain.

Trik Lain

Selain menonaktifkan fitur Last Seen, terdapat beberapa trik lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan privasi di WhatsApp Plus. Berikut adalah beberapa trik tambahan yang dapat Anda gunakan:

Nonaktifkan Tanda Centang Biru

Tanda centang biru adalah fitur di WhatsApp yang menunjukkan ketika pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima.

Namun, bagi beberapa pengguna, fitur ini dapat mengganggu privasi mereka. Untungnya, di WhatsApp Plus, pengguna dapat menonaktifkan tanda centang biru dengan mudah. Caranya sama seperti menonaktifkan fitur Last Seen, yaitu dengan memilih opsi “Privasi” dan memilih opsi “Tanda centang biru”.

Nonaktifkan Tanda Kutip Ganda

Tanda kutip ganda adalah fitur di WhatsApp yang menunjukkan ketika pesan yang dikirim adalah kutipan dari pesan sebelumnya. Seperti tanda centang biru, fitur ini dapat mengganggu privasi bagi beberapa pengguna. Untungnya, di WhatsApp Plus, pengguna dapat menonaktifkan tanda kutip ganda dengan cara yang sama dengan menonaktifkan tanda centang biru.

Nonaktifkan Fitur Online

Fitur Online di WhatsApp menunjukkan ketika pengguna sedang online di aplikasi. Namun, bagi beberapa pengguna, fitur ini dapat mengganggu privasi mereka. Di WhatsApp Plus, pengguna dapat menonaktifkan fitur Online dengan memilih opsi “Privasi” dan memilih opsi “Online”.

Nonaktifkan Status Terakhir

Status Terakhir di WhatsApp menunjukkan kapan terakhir kali pengguna lain terakhir kali online di aplikasi. Fitur ini dapat mengganggu privasi bagi beberapa pengguna. Di WhatsApp Plus, pengguna dapat menonaktifkan Status Terakhir dengan cara yang sama dengan menonaktifkan fitur Last Seen.

Gunakan Fitur “Hide Typing”

Fitur “Hide Typing” di WhatsApp Plus memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan tanda ketika sedang mengetik pesan. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat meningkatkan privasi mereka dengan mencegah pengguna lain mengetahui ketika mereka sedang mengetik pesan.

Dalam menggunakan WhatsApp Plus, penting untuk diingat bahwa aplikasi ini bukan aplikasi resmi dari WhatsApp.

Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati saat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, pengguna juga harus selalu memperhatikan privasi mereka dan mengikuti aturan dan kebijakan privasi WhatsApp.

Dengan mengikuti trik-trik di atas, pengguna WhatsApp Plus dapat meningkatkan privasi mereka di aplikasi dan merasa lebih aman saat menggunakan aplikasi pesan instan ini.

Namun, pengguna harus tetap berhati-hati dan tidak mengorbankan kualitas pengalaman penggunaan WhatsApp Plus hanya untuk mendapatkan privasi yang lebih tinggi.

By Adinata