Thu. May 23rd, 2024

Menulis motivation letter dengan menggunakan bahasa Inggris tentunya sekarang ini sudah banyak diterapkan ketika digunakan untuk kepentingan tertentu. Pada saat melamar pekerjaan biasanya dari seorang kandidat tersebut akan sibuk dalam mempersiapkan cover letter sesuai dengan pengalaman yang dimilikinya.

Akan tetapi perlu dipahami bahwasanya untuk motivation letter ini berbeda dari adanya cover letter meskipun memang kedua surat tersebut dapat menentukan kelolosan ataupun tidak dari setiap orang yang melakukan proses seleksi. Adanya motivation letter ini biasanya digunakan jika hendak melakukan seleksi beasiswa ataupun organisasi yang membutuhkan surat ini dengan menggunakan bahasa Inggris.

Cara Membuat Motivation Letter Bahasa Inggris

  1. Melakukan Penelitian

Sebelum nantinya menuliskan motivation letter dengan menggunakan bahasa Inggris tentunya harus mempelajari keseluruhan yang berkaitan terkait universitas pilihan, program, ataupun organisasi hingga perusahaan tujuan tersebut. Dalam hal ini bisa menemukan semua informasi yang berhubungan dengan program ataupun universitas pilihan melalui website dari universitas yang bersangkutan.

Melakukan cara yang satu ini bisa membantu untuk mengetahui universitas pilihan tersebut lebih mendalam lagi. Pada langkah ini bisa dikatakan sebagai riset terkait universitas yang bersangkutan supaya lebih memudahkan untuk pembuatan motivation letter.

  1. Memperhatikan Harapan Kampus Terhadap Motivation Letter

Dari setiap universitas tentunya mempunyai jawaban tertentu yang ingin ditemukan pada setiap calon mahasiswa dengan pembuatan motivation letter tersebut. Seperti yang telah dikatakan oleh Maudy Ayunda bahwasanya terdapat dua kampus pilihannya waktu itu yang memang menginginkan untuk mengetahui jawaban berbeda di dalam motivation letter yang telah dibuatnya.

Dengan demikian dari penelitian atau riset yang pernah dilakukan sebelumnya tentunya bisa memberikan gambaran terkait universitas yang bersangkutan dengan tujuan pembuatan motivation letter. Sehingga nantinya memberikan kemudahan untuk menyesuaikan apa yang menjadi harapan universitas yang bersangkutan ketika ingin membuat motivation letter.

  1. Mempromosikan Diri

Penulisan motivation letter menggunakan bahasa Inggris ini juga bisa diajarkan melalui kursus bahasa Inggris online yang tentunya akan lebih mudah dipahami karena cukup menggunakan perangkat dan dipelajari di rumah saja. Sebelum nantinya memutuskan untuk menuliskan outline pada motivation letter saat ingin mendaftarkan di universitas pilihan.

Silakan telah menyisihkan waktu supaya bisa melakukan refleksi diri untuk pembuatan motivation letter dalam bentuk mempromosikan diri supaya memberikan jawaban yang tepat sesuai harapan universitas. Dengan merefleksikan diri tersebut tentunya akan menemukan siapa diri ini sesungguhnya dan pastikan tetap jujur terkait diri sendiri pada saat membuat motivation letter.

  1. Membuat Outline

Pada pembuatan outline ini menjadi langkah berikutnya yang perlu dilakukan supaya bisa membantu untuk proses penyusunan motivation letter yang komprehensif dan terlihat lebih rapi. Di langkah pertama cukup dengan memikirkan pernyataan yang akan diungkapkan pada pembuatan motivation letter tersebut.

Di langkah kedua bisa langsung menuliskan post it terlebih dahulu dengan bentuk poin-poin supaya memudahkan dalam membuat motivation letter. Di tahapan ketiga ini cukup melakukan seleksi pada poin yang benar-benar dibutuhkan untuk diungkapkan pada motivation letter serta bisa melakukan pengaturan terhadap penempatannya.

  1. Proofread

Outlet yang sebelumnya sudah dibuat tentunya harus diisi secara terstruktur supaya terlihat lebih rapi. Dalam hal ini pastikan tidak terburu-buru untuk melakukan submit terlebih dahulu.

Silakan melakukan proofread dari motivation letter yang dibuat untuk memastikan bahwasanya tidak terdapat typo serta harus memastikan telah terhindar dari adanya ejaan yang memang tidak sesuai. Hal ini tentunya make sure jika dari setiap kalimat serta paragraf yang telah dituliskan tersebut sudah koheren.

By Adinata