Wed. Oct 4th, 2023

Bahasa Inggris bisnis ialah pembelajaran bahasa Inggris yang berfokus pada kontes bisnis serta profesional. Hal ini mencakup kemampuan berkomunikasi mulai dari presentasi, negosiasi, penulisan dokumen hingga laporan bisnis. Dalam memulainya, frasa penting dalam konteks bisnis untuk dipelajari.

Frasa bahasa Inggris dalam Konteks Bisnis beserta Istilahnya

  1. Blue Collar

Frasa bahasa Inggris pertama yang penting diketahui di dunia bisnis yaitu white collar. Frasa ini memiliki arti orang yang melakukan pekerjaan fisik, seperti pekerja bangunan dan pekerja pabrik. Contoh penggunaan frasa pada kalimat yaitu Anton is a blue collar and work as a forklift operator atau artinya Anton ialah pekerja fisik dan bekerja sebagai operator forklift.

  1. White Collar

White Collar berkebalikan dengan Blue Collar yaitu artinya pekerja kantoran dengan pakaian formal dan rapi, seperti manajer keuangan dan sekretaris. Contoh kalimat yang menggunakan frasa ini yaitu The white collar does not know how hard to keep the project on schedule yang artinya pekerja kantoran itu tidak tahu bagaimana kerasnya menja proyek berjalan sesuai jadwal.

  1. Buy-in

Materi bahasa inggris bisnis: istilah dan frasa penting dalam konteks bisnis selanjutnya yaitu buy-in yang artinya relawan. Relawan disini maksudnya ialah seseorang yang rela membantu pengerjaan suatu proyek. Contohnya, without Rina’s buy-in, the project might be cancelled yang artinya tanpa bantuan Rina, proyek itu bisa saja dibatalkan.

  1. Off the Shelf

Di dunia bisnis, pekerja perlu mengetahui frasa off the shelf yang artinya barang bisa dibeli pelanggan tanpa spesifikasi khusus. Misalnya, you can pick anything off the shelf yang artinya kamu bisa memilih barang apapun yang sudah ada atau tersedia. Frasa ini biasa digunakan di toko penjualan.

  1. Nine to Five

Nine to five digunakan untuk menunjukkan jam kerja yang berlaku yaitu mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Bisa dibilang, frasanya menggambarkan kehidupan pekerjaan seorang karyawan. Contoh, he is quite the nine to five jobs just to be a teacher atau dia berhenti bekerja sebagai karyawan hanya untuk menjadi guru.

  1. Bottom Line

Bottom line juga frasa bahasa Inggris di dunia kerja yang tidak kalah penting karena menunjukkan hasil akhir dari suatu perusahaan atau pengerjaan proyek. Contoh penggunaannya pada kalimat yaitu not only the whole process, but we also need to know the bottom line artinya tidak hanya keseluruhan proses, tapi kita juga perlu tahu hasil akhirnya.

  1. Corner the Market

Corner the market ialah frasa yang sering digunakan di dunia bisnis untuk menunjukkan bahwa perusahaan ingin menguasai sesuatu di pasaran. Biasanya, perusahaan ingin menguasai suplai bahan bakar atau hal lainnya untuk memperbanyak keuntungan. Contoh kalimatnya, Without the right source, it is not easy to corner the market.

  1. Not on the same page

Not on the same page juga biasa digunakan di dunia kerja untuk menyatakan bahwa ada klien yang tidak memiliki pemahaman yang sama. Misalnya, I think we are not on the same page so we should talk in other way yang berarti sepertinya kita tidak sepaham jadi sebaiknya kita bicara dengan cara lain.

Itulah penjelasan mengenai materi bahasa inggris bisnis: istilah dan frasa penting dalam konteks bisnis apa saja yang penting dipelajari sebelum terjun ke dunia kerja. Hal ini penting diketahui agar kegiatan komunikasi berjalan dengan lancar tanpa adanya kesalahpahaman. Dengan begitu, hubungan antar rekan kerja atau klien terjalin dengan baik.

By Adinata