Sat. Jun 15th, 2024

Lombok, salah satu pulau di Indonesia, terkenal dengan keindahan pantainya. Namun, tidak hanya keindahan pantai yang bisa dinikmati di Lombok. Pulau ini juga menawarkan beragam kuliner khas yang lezat dan unik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang wisata kuliner di Lombok dan makanan-makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke pulau ini.

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan khas Lombok yang paling terkenal. Ayam yang diolah dengan bumbu khas ini disajikan dengan plecing kangkung dan sambal yang pedas. Rasanya yang pedas dan gurih membuat ayam taliwang menjadi makanan favorit di Lombok.

2. Pelecing Kangkung

Pelecing kangkung adalah salah satu hidangan sayur khas Lombok yang terbuat dari kangkung mentah yang disiram dengan sambal terasi pedas. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan ayam taliwang dan nasi putih.

3. Sate Bulayak

Sate bulayak adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibungkus dengan daun bulayak (daun kelapa muda) kemudian dibakar. Sate bulayak biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

4. Plecing Sela

Plecing sela adalah hidangan salad khas Lombok yang terbuat dari daun selada mentah yang disiram dengan bumbu sambal terasi pedas. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih dan lauk-pauk lainnya.

5. Bebalung

Bebalung adalah makanan khas Lombok yang terbuat dari tulang iga sapi yang direbus dengan bumbu rempah-rempah khas Lombok. Rasanya yang gurih dan pedas membuat bebalung menjadi makanan yang disukai banyak orang di Lombok.

6. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung adalah nasi yang disajikan dengan sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, daun singkong, dan rebung. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal terasi dan ikan asin.

7. Plecing Urap

Plecing urap adalah hidangan salad khas Lombok yang terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, tauge, kangkung, dan plecing kangkung yang disiram dengan bumbu sambal terasi pedas.

8. Ayam Bakar Rica-Rica

Ayam bakar rica-rica adalah ayam yang dibakar dengan bumbu rica-rica yang pedas. Ayam bakar ini biasanya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal terasi.

9. Sate Rembiga

Sate rembiga adalah sate khas Lombok yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibakar kemudian disiram dengan bumbu kacang

10. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda adalah minuman segar khas Lombok yang terbuat dari daging kelapa muda yang dicampur dengan air kelapa dan gula merah. Es kelapa muda ini biasanya disajikan dengan es batu dan sangat cocok untuk dinikmati di tengah teriknya cuaca di Lombok.

11. Es Cincau

Es cincau adalah minuman dingin khas Indonesia yang juga populer di Lombok. Minuman ini terbuat dari cincau hitam yang dicampur dengan sirup gula dan air es.

12. Sate Bulus

Sate bulus adalah sate yang terbuat dari daging bulus yang dipotong kecil-kecil kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang.

13. Ikan Bakar

Ikan bakar adalah hidangan ikan yang dibakar dengan bumbu rempah-rempah khas Lombok. Ikan bakar ini biasanya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal terasi.

14. Sate Sapi

Sate sapi adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang dibakar kemudian disiram dengan bumbu kacang. Sate sapi ini sangat cocok dinikmati sebagai lauk-pauk bersama dengan nasi putih.

15. Nasi Balap Titik

Nasi balap titik adalah nasi yang disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam, telur, tempe, dan tahu yang dibungkus dengan daun pisang. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan sambal terasi dan kerupuk.

Lombok bukan hanya menawarkan keindahan alamnya yang memesona, tapi juga beragam kuliner khas yang lezat dan unik. Dari ayam taliwang, pelecing kangkung, sate bulayak, bebalung, hingga es kelapa muda, semuanya wajib dicoba saat berkunjung ke Lombok. Nikmati kelezatan kuliner khas Lombok dan jangan lupa mencicipi hidangan-hidangan yang telah disebutkan di atas.

By Lance