Sat. Jun 15th, 2024

 

Shopee playlater menjadi layanan yang cukup banyak digunakan. Ini dihadirkan untuk membantu setiap pengguna akun dalam melakukan pembayaran. Paylater ini merupakan suatu sistem pinjaman yang disediakan oleh Shopee agar pengguna bisa melakukan pembelian barang walau saat itu sedang tidak tersedia uang untuk digunakan. Shopee akan memberikan bantuan pembayaran untuk nantinya dilunasi dengan batas waktu yang tersedia. Ini pun bisa dengan sistem cicilan dengan opsi pembayaran yang ada. Cara ini tentu akan sangat berguna dan bisa dimanfaatkan dengan sangat baik untuk membantu anda saat ingin berbelanja barang yang harganya cukup tinggi atau ketika sedang butuh tapi tidak ada dana yang tersedia. Untuk itu, tentu anda anda perlu mengetahui cara mengaktifkan shopee paylater.

 

Shopee menyediakan layanan paylater ini dalam satu aplikasi yang sama. Dengan kata lain, anda tidak harus menggunakan aplikasi lain dan mengunduhnya dahulu. Namun sebelum tahu cara penggunaan Shopee paylater ini, anda perlu tahu ketentuan dan syarat yang sudah diberikan oleh Shopee. Untuk syaratnya, anda perlu lebih dahulu  melakukan  update terbaru untuk versi aplikasinya. Kalau belum update, biasanya akan ada masalah dan bahkan aktivasi bisa gagal. Lalu, syarat lainnya adalah akun anda itu sudah harus terdaftar dan sudah terverifikasi juga dengan OTP dalam proses pembuatannya. Patut dicatat bahwa layanan Shopee Paylater ini tidak bisa digunakan oleh anggota baru. Akun setidaknya sudah tiga bulan digunakan. Tak hanya itu saja, akun juga harus sudah digunakan dalam transaksi pembayaran dan akan semakin bagus lagi bila akun itu sudah digunakan cukup sering digunakan dalam beragam pembelian. Lalu, anda juga harus sudah mempunyai KTP yang sah dan aktif. Dengan syarat ini, semuanya harus terpenuhi agar aktivasi paylater bisa berhasil.

 

Untuk mulai membuatnya, anda langsung buka saja aplikasi Shopee. Itu perlu dipastikan bahwa sudah login di akun anda sendiri. Selanjutnya, anda pilih Saya di tab bagian bawah dari aplikasi. Setelah masuk di halaman Saya, anda pilih saja menu PayLater di sana. Karena anda belum mengaktifkannya, anda piilh Aktifkan Sekarang dan Lanjut. Anda perlu persiapkan KTP anda dan itu perlu anda foto. Dalam proses fotonya, anda perlu pastikan bahwa KTP ada di dalam bingkai yang tersedia agar nantinya bisa terbaca dan terproses dengan baik. Kamera juga sebaiknya cukup jelas dalam menangkap gambar agar keterangan di dalam KTP bisa terbaca dari hasil foto yang ada. Setelah itu, anda perlu masukkan nama seperti pada nama asli di KTP dan juga NIK atau Nomor Induk Kependudukan anda. Setelahnya, anda klik Konfirmasi saja. Bagian selanjutnya adalah verifikasi wajah. Anda perlu kembali gunakan kamera gawai anda dan gunakan kamera depan. Anda perlu mengikuti bingkai yang ada untuk pengambilan gambar wajah anda tersebut.

 

Setelah itu, aktivasi sudah selesai. Patut dicatat bahwa tidak selalu permohonan aktivasi ini akan berhasil. Nantinya, pihak dari Shopee akan melakukan verifikasi dan aktivasi akan keluar hasilnya maksimal dua hari usai aktivasi anda tersebut walau biasanya akan lebih cepat. Nantinya, anda akan diberitahu tentang limit yang bisa anda gunakan dan ini bisa bertambah seiring lebih seringnya anda menggunakan Shopee PayLater tersebut. Umumnya, limi awal yang diberikan sebesar Rp 750.000. Untuk penggunaan Paylater ini, anda juga harus tahu bahwa ada sistem bunga yang berlaku dari Shopee sehingga ketika anda menggunakan Paylater itu sebesar 500 ribu, tentu yang akan anda bayarkan lebih besar dari uang yang anda gunakan tersebut.

 

 

By Adinata