Sat. Jun 15th, 2024

Cara untuk membuka file RAR pada perangkat Android dapat dilakukan dengan mudah. Dalam hal ini tentunya bisa didukung dengan beberapa aplikasi hingga situs online yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam membuka dokumen.

Selain diberikan kemudahan untuk digunakan pada beberapa aplikasi di perangkat smartphone serta situs yang pastinya ditawarkan dengan gratis. Setiap pengguna cukup dengan melakukan ekstrak terhadap berbagai dokumen RAR supaya dapat dijadikan sebagai format sesuai.

Cara Buka File RAR di Android

  1. Menggunakan Website Ezyzip

Pada langkah yang perlu dilakukan untuk ekstrak file RAR melalui perangkat Android tanpa aplikasi tentunya bisa menggunakan website. Dari website yang satu ini memberikan kemudahan untuk membuka file RAR pada perangkat Android karena filenya tersebut telah diekstrak dan tidak lagi tersimpan di arsip menggunakan format RAR.

Adapun untuk langkah cara dalam menggunakannya sebagai berikut:

  • Di langkah pertama ini cukup membuka aplikasi melalui web browser yang tersimpan di perangkat Android.
  • Kemudian silakan membuka situs website Ezyzip.
  • Lanjutkan dengan tab di bagian choose file.
  • Setelah itu silakan mencari file RAR yang nantinya akan diekstrak ataupun dibuka.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai dilakukan.
  • Lalu bisa melanjutkan dengan klik tombol ekstrak serta menunggu prosesnya hingga selesai.
  • Di langkah terakhir ini silahkan klik tombol save yang nantinya akan membuat file RAR bisa berubah sesuai keinginan pengguna.
  1. Menggunakan Aplikasi ZArchive

Cara yang bisa digunakan dalam membuka file RAR melalui sistem Android tentunya dapat menggunakan aplikasi ZArchive. Pada penggunaan aplikasi yang satu ini akan memberikan kemudahan dalam membuka berbagai jenis file arsip salah satunya yaitu.

Akan tetapi sebelum bisa mengubah ataupun membuka file tersebut tentunya bisa download aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Berikut ini langkah cara dalam menggunakan aplikasi untuk membuka file RAR melalui perangkat Android:

  • Langkah pertama dengan download terlebih dahulu aplikasi ZArchive melalui perangkat yang digunakan.
  • Setelah itu carilah file RAR yang nantinya akan dibuka.
  • Pilih pada file tersebut.
  • Nantinya akan terdapat beberapa opsi pilihan dan silahkan memilih untuk melihat ataupun juga bisa langsung ekstrak terlebih dahulu dengan pilihan ekstrak di sini.
  • Pada langkah terakhir ini tentunya akan melihat adanya isi arsip RAR tersebut.
  1. Menggunakan Extract.me

Apabila pengguna tidak menginginkan untuk mendownload aplikasi dalam membuka dokumen RAR tentunya tidak perlu khawatir karena tetap bisa menggunakan website. Dalam hal ini para pengguna tetap bisa memilih untuk menggunakan situs website Extract.me yang bisa diterapkan dalam membuka file RAR.

Tidak hanya untuk dokumen RAM saja akan tetapi juga bisa melakukan ekstrak pada perangkat Android tanpa harus menggunakan aplikasi dengan berbagai pilihan format. Keunggulan dengan menggunakan website ini tentunya memungkinkan bagi setiap pengguna untuk melakukan ekstrak file yang asalnya dari penyimpanan Google Drive, URL hingga Dropbox.

  1. Menerapkan Aplikasi Simple Unrar

Cara yang bisa digunakan dalam membuka RAR pada perangkat Android tentunya bisa menggunakan aplikasi Simple Unrar. Dalam hal ini akan lebih mudah untuk mendapatkan aplikasi melalui Google Play Store yang bisa digunakan secara gratis oleh setiap pengguna.

Dengan menggunakan aplikasi ini tentunya setiap pengguna dapat melakukan ekstrak dengan berbagai file dalam jumlah yang banyak untuk satu waktu ekstrak saja. Bahkan para pengguna juga bisa langsung untuk menggantikan nama dokumen tersebut pada aplikasi yang sudah tersimpan di perangkat smartphone milik pengguna.

 

By Adinata